Ketahui Tentang Neuropati dan Penanggulangannya

Neuropati  merupakan kerusakan yang terjadi pada saraf perifer atau peripheral nerves.  Saraf perifer merupakan saraf otak yang terhubung dengan sumsum tulang belakang hingga ke seluruh tubuh.  Gejala terjadi karena beberapa sebab, termasuk penyakit autoimun yang biasanya terkait dengan tekanan pada saraf, atau bahkan rheumatoid arthritis dan infeksi kronis. 

Lalu, apa yang dimaksud dengan Sindroma Neuropati?  Sindrom ini terjadi apabila ada gangguan neurologis sebagai akibat dari beberapa faktor tersebut diatas. Tetapi umumnya, penyakit diabetes menjadi pemicu dari sindrom ini.  Namun tak jarang, penderita sindroma ini mengalami neuropati bawaan meskipun jarang sekali terjadi. 

Gejala Neuropati
Gejala dari sindrom ini bervariasi. Hal ini tergantung pada tingkat parah atau tidaknya sindrom ini. Biasanya tingkat keparahan tergantung dari jumlah saraf yang mengalami gangguan. Beberapa orang mengalami gejala ini pada jari tangan atau kaki dimana mereka juga merasakan gangguan pada lengan atau kaki bagian bawah hingga lutut. 

Mereka yang mengalami level sindrom yang parah justru dapat merasakan mati rasa di seluruh tubuh. Memang, gejala ini tidak akan serta merta muncul mendadak. Biasanya, gejala ini diawali dengan kelemahan saraf di beberapa bagian tubuh yang tersebut diatas dan berangsur menjalar ke bagian tubuh lainnya.  

Umumnya, gejala ini diawali dengan rasa seperti kesemutan dan rasa agak panas pada bagian tubuh. Tetapi, apabila tubuh terasa seperti terbakar, maka kemunculan sensasi paresthesia mengindikasikan tingkat keparahan yang tinggi, terutama jika hal ini terjadi di malam hari. Biasanya, saraf tidak hanya terasa panas tapi juga nyeri dan seperti tertusuk. 

Kondisi neuropathy tergantung jumlah saraf yang terdampak. Jika satu saraf yang terdampak, maka penderita mengalami carpal tunnel syndrome atau mononeuropathy. Sedangkan polyneuropathy terjadi jika seseorang mengalami gangguan saraf di beberapa bagian tubuh, meskipun hal ini jarang sekali terjadi.

Cara Penanggulangannya
Penanggulangan neuropati tergantung pada kondisi yang mendasari. Apabila tenaga medis mengidentifikasinya, maka penanganan dapat dilakukan secara tepat.  Misalnya, carpal tunnel syndrome  dapat dikurangi dengan penggunaan splint pada bagian yang nyeri. 

Namun, jika sindrom ini cukup parah, maka prosedur bedah dapat dilakukan pada pergelangan tangan. Prosedur bedah tidak akan dilakukan jika kondisi tidak terlalu parah.  Biasanya pembedahan dilakukan jika terdeteksi adanya tumor sumsum tulang belakang. 

Sedangkan mereka yang mengalami diabetic neuropathy dapat mengurangi nyeri dengan cara mengurangi kadar gula darah secara ketat.  Sedangkan bagi mereka yang mengalami  neuropati yang terjadi karena defisiensi vitamin hanya perlu mengkonsumsi vitamin sesuai saran dokter, hingga sindroma neuropati hilang.  Namun, efek kesembuhan tergantung pada kondisi pasien. 

Semakin rutin pasien melakukan terapi, semakin cepat mengalami pemulihan neuropati dan sindroma neuropati. Banyak pasien mengalami kesembuhan total, namun pasien lain mungkin hanya akan mengalami sedikit perubahan. Jika hal ini terjadi maka terapi masih harus terus dilakukan secara konstan dan rutin.